(PPID Utama, 25 Juli 2021) Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana menghentikan siaran televisi analog pada 17 Agustus 2021 mendatang yang merupakan tahap pertama penghentian. Hal ini dikemukakan pada Rapat Koordinasi Pendistribusian Bantuan
STB, Kamis (22/7/21) lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memenuhi amanat Pasal 85, Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran, yang telah diamanatkan kepada Pemerintah dan Penyelenggara Multipleksing untuk membantu penyediaan alat
bantu penerimaan siaran TV digital (Set Top Box/STB) kepada rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi secara digital melalui terestrial.

Di Kalimantan Timur jumlah rumah tangga miskin yang memperoleh bantuan sebesar 29.368, sedangkan saat dilakukan pengolahan data, ditetapkan sebanyak 7766 KK sebagai penerima bantuan STB di Kota Bontang (filtering rumah tangga miskin yang memiliki TV).

Namun berdasarkan prioritas untuk penerimaan tahap pertama adalah kategori 1 (sangat miskin), 2 (miskin), dan 3 (hampir miskin) untuk Kota Bontang sebesar 2437 rumah tangga.

Kriteria rumah tangga miskin penerima bantuan yaitu; WNI, Masuk dalam Kategori 1, 2, 3, serta memiliki televisi. Sedangkan untuk mekanisme pendistribusian bantuan dilaksanakan pada lokasi tempat tertentu (kantor kec/kel/desa atau kantor pos) sesuai kesepakatan dengan pihak terkait.

Sementara itu, nantinya pendistribusian bantuan tersebut akan diantar sampai ke alamat rumah penerima bantuan. (kmf_lusy)